25 November 2008

Mengingat Dengan Hati

Manusia merupakan makhluk yang diciptakan Tuhan paling sempurna dibandingkan dengan makhluk ciptaan-Nya yang lain, karena manusia diberkahi dengan akal dan pikiran. Salah satu kelebihan manusia yang lain adalah kemampuan dalam mengingat banyak hal. Kemampuan dalam hal mengingat setiap individu selalu berbeda. Ada yang dengan mudahnya mengingat sesuatu dan ada pula yang sulit dalam mengingat atau yang lebih dikenal dengan kata “lupa”.

Seperti hal nya manusia terdahulu, mereka lebih mudah mengingat dibandingkan dengan manusia sekarang di jaman moderen ini. Misalnya dalam hal mengingat isi buku atau hafalan, mengingat perkataan atau lisan, mengingat kejadian, dan mengingat hal-hal lainnya, manusia terdahulu lebih tajam ingatannya. Mereka bisa mengingat dengan mudah karena dulu pikirannya masih belum terkontaminasi (terganggu) oleh hal-hal yang bisa menimbulkan sisi negatif, seperti barang-barang audio dan video serta peralatan teknologi canggih lainnya serta akibat dari perubahan jaman saat ini. Bahkan sejak terciptanya teknologi, ingatan/memori manusia itu dapat terekam didalam suatu media/alat. Seperti alat perekam suara, gambar, tulisan atau dokumen, yang sewaktu-waktu dapat di putar ulang untuk mengingat manusia itu sendiri. Sehingga membuat kita malas untuk mengingat.

Salah satu cara mengingat yang baik adalah dengan menggunakan “hati”. Kenapa dengan menggunakan hati kita bisa mengingat lebih baik? Pada dasarnya bila kita mengingat dengan mudah suatu hal, semua itu karena ada rasa suka, baik kadarnya sedikit atau banyak, dan rasa suka itu terletak di hati.
Contoh yang sering kita rasakan adalah bila kita mengenal seseorang. Dengan mudahnya kita mengingat orang tersebut dimanapun, sampai kapanpun, seperti apapun dia pasti kita tetap mengenalnya. Semua itu karena ada rasa suka yang kita tanamkan di dalam hati kita untuk orang tersebut dan kita akan selalu mengingat orang itu.
Contoh lainnya yaitu dalam hal belajar, bila kita belajar karena suatu paksaan pasti kita sulit untuk mengingatnya karena ada perasaan tidak suka dengan pelajaran tersebut. Tetapi bila kita menyukai pelajaran itu, dengan sangat mudahnya kita untuk mengingatnya karena tanpa kita sadari pelajaran itu akan selalu kita pelajari. Dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita ingat bila kita menggunakan hati.

Pada intinya, bila kita ingin mengingat apapun dengan mudah, hadirkan rasa suka di dalam hati kita dan secara otomatis pasti kita akan mudah mengingatnya. Sebagai tambahan, lakukanlah dzikir sebanyak-banyaknya untuk menguatkan hati kita dalam mengingat, karena dzikir benar-benar senjata yang ampuh untuk mencegah “penyakit lupa”. :)

0 Comments:

Posting Komentar

------------------------------------------------------------------------
lowongan kerja di rumah